Mengenal Tentang Primbon Jawa Weton



Primbon merupakan perhitungan atau ramalan-ramalan yang digunakan oleh Suku Jawa dalam menentukan watak, keberuntungan dan lain sebagainya bedasarkan angka atau tanggal-tanggal kelahiran serta weton pada kalender jawa. Sehingga ada beberapa orang yang menyebutnya primbon jawa weton karena meramalkan sesuatu berdasarkan weton. Hal-hal yang bisa diperhitungkan dengan weton adalah biasanya tanggal pernikahan karena berdasarkan weton tersebut akan memunculkan angka-angka yang dapat diperhitungkan hari baik untuk melangsungkan pernikahan. Selain itu, weton juga bisa mengindikasikan beberapa watak yang bisa dimiliki oleh seseorang.


Wetonan tidak lah lepas dari primbon atau perhitungan orang jawa. Terlepas dari itu, weton tersebut tidak serta merta dapat dibentuk begitu saja tanpa ada dasar penetapan. Kepercayaan orang Jawa, bahwa setiap fenomena atau peristiwa yang terjadi ditelaah pada saat fenomena itu sedang berlangsung dalam siklus kalender tradisional. Karena orang Jawa meramalkan hal-hal yang akan terjadi berdasarkan hal-hal yang telah terjadi. Sehingga di catatlah setiap fenomena yang terjadi dan telah diuji selama bertahun-tahun sehingga catatan-catatan tersebut menyimpulkan sebuah perhitungan yang disebut dari wetonan tadi. Maka munculah Primbon Jawa Weton yang memperhitungkan hampir segala aspek kehidupan berdasarkan perhitungan weton yang diambil dari waktu kelahiran anda. Fungsi dari weton bagi orang jawa tak hanya bisa menggambarkan watak, sifat, karakter dan nasib seseorang tetapi juga hari-hari penting seperti tanggal pernikahan yang baik, masa tanam, masa panen bahkan meramalkan kecocokan dalam jodoh.


Perhitungan dalam primbon Jawa Weton dihitung dengan penggabungan angka 2 komponen dalam weton. Yakni komponen pertama adalah nama tujuh hari dalam seminggu seperti senin, selasa dan seterusnya. Kemudian komponn selanjutnya adalah lima hari pasaran jawa yakni Legi, Pahing , Pon, Wage, dan Kliwon. Sehingga menurut kalender jawa, tanggal kelahiran anda bisa berulang sebanyak 5 kali dalam setahun. Dan biasanya orang jawa menyakini hari-hari tersebut sebagai hari yang penting. Bisa diperingati dengan puasa atau syukuran yang istilah jawanya slametan. Bahkan orang Jawa percaya bahwa weton adalah hal penting yang harus dirahasiakan agar tidak mudah di santet oleh orang lain yang tidak suka dengan kita. Anda bisa cek weton primbon di https://www.ramalanartinama.com tinggal masukan tanggal lahir maka bisa langsung diketahui weton dan watak dasarnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar