Kode Pos Indonesia dan Perdagangan Antar Pulau

Indonesia adalah negara yang sangat luas memiliki sekitar 17 ribu pulau yang tersebar dari sabang hingga merauke. Saat kita mengirimkan barang, maka kode pos berperan penting sebagai titik lokasi awal dimana barang akan tiba dulu di titik tersebut untuk kemudian diantar ke alamat detailnya. Ini tentu semua berkaitan dengan bisnis atau perdagangan antar pulau.

Menurut situ wikipedia : "Sejarah Indonesia banyak dipengaruhi oleh bangsa lainnya. Kepulauan Indonesia menjadi wilayah perdagangan penting sejak abad ke-7, yaitu sejak berdirinya Kerajaan Sriwijaya, sebuah kemaharajaan Hindu-Buddha yang berpusat di Palembang. Kerajaan Sriwijaya ini menjalin hubungan agama dan perdagangan dengan Tiongkok dan India, juga dengan bangsa Arab. Kerajaan-kerajaan beragama Hindu dan/atau Buddha mulai tumbuh pada awal abad ke-4 hingga abad ke-13 Masehi, diikuti para pedagang dan ulama dari jazirah Arab yang membawa agama Islam sekitar abad ke-8 hingga abad ke-16, serta kedatangan bangsa Eropa pada akhir abad ke-15 yang saling bertempur untuk memonopoli perdagangan rempah-rempah Maluku semasa era penjelajahan samudra. "

Ada yang masih ingat dengan letak geografis, dan letak astronomis Indonesia?. Kalau lupa mari kita mengingat kembali. Letak geografis Indonesia terletak diantara dua benua yakni benua Asia dan Benua Australia, dan diantara dua samudera Pasifik dan Samudera Hindia atau Indonesia.

Sementara letak astronomis Indonesia terletak pada 95BT - 141BT dan 6LU -- 11 LS. Dimana singkatan dari BT adalah Bintang Timur sedangkan singkatan dari LU adalah Lintang Utara dan singkatan dari LS adalah Lintang Selatan.

Letak geografis tersebut memberi pengaruh positif dan negatif bagi Indonesia, baik secara sosial, ekonomi,  maupun budaya. Sisi positifnya Indonesia menjadi jalur lalu lintas pelayaran dan perdagangan dunia.

Indonesia juga memiliki sumber daya alam berupa komoditas atau hasil bumi seperti kayu cendana, lada, pala, cengkih, dan hasil perkebunan lainnya ke negara-negara Eropa, China dan negara lainnya.

Dampak negatifnya, budaya  dari negara lain yang tidak  selalu sesuai dengan budaya Indonesia kemudian masuk dan mempengaruhi kehidupan budaya bangsa  Indonesia, seperti pergaulan bebas,  kesantunan,  dan  lain-lain.

Selain itu, Indonesia juga rentan terhadap masuknya  barang-barang  terlarang  yang diselundupkan   seperti  senjata api, minuman keras dan narkoba. Letak geografis tersebut memberi pengaruh positif dan negatif bagi Indonesia, baik secara sosial, ekonomi,  maupun budaya. Sisi positifnya Indonesia menjadi jalur lalu lintas pelayaran dan perdagangan dunia. Itulah sebabnya kode pos bisa memberikan petunjuk awal terhadap pengiriman barang di indonesia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar