Cara Mendidik Anak Gemar Membaca Usia Dini dan Usia Remaja

Mendidik anak yang susah membaca mungkin hal yang harus diperhatikan juga oleh kita sebagai orangtua. Dimana dengan membaca segala ilmu bisa kita jelajahi. Dan keuntungan atau manfaat dari sering memabca ini bisa kita rasakan ketika kita sudah menginajak dewasa dimana semua pengalaman-pengalaman bisa kita jelajahi hanya dengan membaca. Cara mendidik anak gemar membaca ini sebetulnya bukan hanya tugas sebagai guru disekolah saja. Karena kita juga tahu bahwa tugas guru disekolah tentunya waktunya sangat terbatas sekali. Untuk itu sesekali kita juga dirumah harus bisa mendidik anak kita agar senang membaca. Namun, sebelum kita membahas menganai cara mendidik anak kita agar senang memabaca, kami juga akan berbagai mengenai manfaat apa saja yang bisa kita rasakan jika kita gemar membaca dibandingkan dengan gemar bermain online. Dengan gemar membaca tersebut otaka kita akan tercuci dengan hal-hal yang positif. Apapaun yang kit abaca selama itu mengandung hal-hal yang positif tentunya kita sebagai orangtua harus selalu mendukungnya. Baik itu buku yang berbau fiksi maupun sebagainya.


Berikut beberapa cara mendidik anak gemar membaca bisa dilakukan dengan cara-cara seperti :
  1. Ketika masih usia kecil, beri buku bacaan yang penuh dan mengandung cerita menarik seperti komik, dongeng dan sebagainya, namun anda juga bisa menyelinginya dengan cara membantu anak agar senang membaca buku buku yang didalamnya terkandung pengetahuan. Pada usia SD dan juga kanak-kanak ini tentunya sangatlah mudah sekali, hanya dengan membeli buku pelajaran tapi didalamnya banyak gambar yang lucu tentunya anak juga nantinya akan senang membaca.
  2. Sesekali berikan nasihat pada anak kita bahwa dengan membaca dapat memberikan manfaat untuk bekal masa depannya kelak.
  3. Membaca bukan hanya dilakukan dengan media buku saja, saat ini dengan zaman yang semakin canggih, handphone dan juga laptop juga bisa dijadikan media untuk membaca. Dimana anak kita bisa menggali informasi dan ilmu teruptodate dengan menggunakan laptop dan juga handphone tersebut.
  4. Menginjak usia dewasa biarkan ia lebih sering membaca buku-buku yang ia sukainya, karena dengan membaca buku yang ia sukai, bisa jadi bakat dan hobbynya akan tersalurkan, misalnya jika ia lebih suka membaca movel dan lainnya jika diarahkan bisa jadi ia juga bisa menjadi penulis novel.
  5. Sesekali ajak anak untuk membaca di tempat yang suasananya menyenangkan, misalnya dengan membawanya ke taman, dan juga ke perpustakaan-perpustakaan.
Itulah ke lima cara agar anak anda doyan atau suka membaca. Banyak sekali keuntungan yang bisa kita rasakan jika kita senang dan gemar membaca. Apapaun buku yang dibaca tentunya akan memberikan dampak positif bagi diri kita. Dan ingat, bacalah buku teruptodate juga karena disana akan ditemukan pengetahuan-pengetahuan yang baru yang mungkin sangat bermanfaat sekali untuk kehidupan dan masa depan anda. Sebenarnya banyak sekali tips dan cara mendidik anak agar gemar membaca ini, terutama pada usia kanak-kanak banyak sekali metode yang bisa kita terapkan agar anak mau membaca. Selain itu juga membaca di luar ruangan mungkin dirasa lebih efektif selama suasananya kondusif karena dapat mendukung lebih giat lagi. Suasana yang tenang dan nyaman juga sangat disarankan agar seseorang lebih berkonsentrasi lagi dalam belajarnya. Selamat mencoba dan jadilah guru yang baik untuk anak anda dan masa depan anak anda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar